Selasa, 12 Januari 2010

Membuat web server localhost (Instalasi XAMPP)

Untuk membuat sebuah file web kita bisa menggunakan microsoft Frontpage atau microsoft Publisher. Akan tetapi masalah akan timbul bila kita ingin mencoba melihat tampilan akhir dari file yang kita buat maka kita harus selalu terkoneksi dengan internet. Lumayan ribet kan ? belum lagi bila kita memodifikasi bila ada tampilan atau sesuatu yang kurang sesuai file web yang kita buat. Tenang, ada solusinya.

Kita dapat mencoba mempublish atau menampilkan file web yang kita buat dengan sebelumnya menjadikan komputer kita sebuah server local (Localhost). Ada beberapa software khusus untuk itu diantaranya : IIS (Information Internet Service) dari window yang terdapat pada CD installer windowsnya atau dengan XAMPP yaitu paket lengkap apache, php mysql yang dikemas dalam sebuah software.

Tutorial tentang bagaimana cara menjalankan/mengedit tampilan website atau webblog dari localhost (Komputer pribadi tanpa terhubung ke internet). Khusus postingan ini, akan disampaikan bagaimana cara instalasi program XAMPP di komputer anda.
Pertama, instal program XAMPP di komputer anda. Caranya tinggal double klik ikon file installer XAMPP. setelah anda double klik, maka akan muncul tampilan Welcome To The Xampp 1.6.4 Setup Wizard setelah itu klik tombol “next”, kemudian akan muncul jendela Choosee Install Location setelah itu Isian “destination folder” di isi dengan lokasi tempat menyimpan file XAMPP, kalo anda tidak terlalu faham, biarkan saja apa adanya. Klik saja tombol “next”. Lanjut ya,.. setelah menekan tombol “next” maka akan muncul jendela Xampp Options Pastikan program Apache dan MySql pada XAMPP anda berjalan. Kalau belum, silakan jalankan dengan mengklik tombol “start” di depan tulisan “Apache” dan “MySql”. kalau sudah running, minimize aja jendelanya, jangan di matikan.
Kemudian anda buka web browser anda, sebagaimana anda akan mengakses internet. jika di komputer anda belum terinstal program web browser ( internet explorer/mozila/opera) silakan instal terlebih dahulu. kalau sudah terinstal, ya tingal di buka saja. kemudian anda ketikan dibagian alamat URL kata : http://localhost.Kemudian tekan enter, maka di halaman browser anda akan muncul logo Xampp.
Coba klik tulisan “english”, maka akan muncul tampilan Xampp for Windows Oke, jika sudah muncul tampilan seperti diatas, berarti instalasi XAMPP anda sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar